Friday, November 6, 2015

Klaim BPJS (ga jadi pake E-Klaim)

Hi Guys...
Kali ini aku mau update perjalanan klaim JHT BPJS. Sebelumnya aku udah post cara registrasi atau bikin akun BPJS online dan juga cara menggunakan e-klaim BPJS.

Seperti yang udah ditulis di post sebelum ini (e-Klaim BPJS), bahwa setelah selesai submit e-klaim kamu akan dapat email berisi rekam klaim berhasil disimpan dan akan ada email pemberitahuan lebih lanjut paling lambat pukul 19.00 hari kerja berikutnya.

Jadilah aku tunggu sampai jam 7 malam besoknya. Ga ada email apapun, cek inbox, spam, tetep ga ada. Akhirnya aku tanya via twitter ke official account BPJS TK, jawabannya standar, "maaf atas ketidaknyamanannya, silakan hubungi kantor cabang yang ditunjuk untuk menanyakan status klaim, untuk informasi lebih lanjut hubungi call center."

So, aku coba hubungi kantor cabang yang dituju, Mayapada, berkali-kali ga ada yang angkat. Operatornya sibuk semua. KZL. Pulsa berkurang drastis tapi ga menghasilkan apapun. Dan pulsa mahal dan aku nda punya duit *maap tsurhat*

Akhirnya aku coba telpon call center, jawabannya sama, "maaf atas ketidaknyamanannya, kami bantu buatkan laporan ya", kemudian ditanya nomor peserta, alamat email, no hp, dll *aku lupa*. Dan setelah telepon ditutup, pulsaku beneran abis. *nangis di pojokan*

Akhirnya, aku bertekad untuk ngurus BPJS manual aja. Which is aku harus berangkat subuh dari rumah. Why? Karena rumahku di Bekasi, dan cabang yang aku tuju adalah Mayapada, di Sudirman, Jakarta. Dan biar aku kedapetan nomer-nomer awal, kata temen gue, dia sampe sana jam 8 pagi dapet nomor 50. Kan gilaa

Kenapa ga di Bekasi aja, Nay? Jauh amat milihnya Jakarta.

Well, aku ga apal daerah Bekasi. Sumpeh, aku ga paham itu jl Pramuka dimana. Daripada nyasar-nyasar ga jelas kan mendingan ke wilayah yang aku udah kenal aja. Selain itu, menurut desas-desus yang aku denger, di Bekasi antriannya lebih gila dibanding di Jakarta. Mungkin karena di Bekasi banyak pabrik dan mostly para pekerjanya orang lokal, dan lagi musim PHK, dan jadinya orang bekasi pada ke kantor BPJS semua, jadinya ada yg baru bisa submit di bulan depan atau uangnya keluar taun depan. Aku ga suka yang ga pasti. Jadi mending nyari lokasi yg enak, nyaman, gampang dijangkau (1x naek bis doang dari daerah rumahku).

Jadilah, hari ini, Jumat 06 November 2015, aku melangkahkan kaki jam 05.05 pagi, masih lumayan gelap untuk berangkat ke Sudirman. Alhamdulillah jalanan bersahabat. Ga macet. Dan supir mobil yg aku tumpangi pinter nyalip-nyalip. Jam 06.00 pagi, aku udah sampai depan kantor BPJS di lobby Gedung Mayapada II
Kantor BPJS Mayapada/ Gatot Subroto II
Di depan pintu kantor ditempelkan selembar kertas dimana kita bisa nulis nama kita dan nanti akan digunakan untuk pemanggilan pengumpulan berkas dan juga pemberian nomor urut panggil. Jadi ga akan ada tuh yang namanya yg dateng telat kebagian duluan. No way baby, first come first served.

Pas aku sampai jam 6 teng, di sana udah ada 6 orang, aku dapet lucky number 7. My favorite number. Abis itu baru deh satu-satu orang berdatangan. Begitu menjelang jam 7 udah ada sekitar 30 orang.

Disarankan, cari kantor cabang yang kurang popular, jadi sepi. Mayapada rame banget. Tapi karena aku datengnya pagi-pagi ya Alhamdulillah dapet nomer awal-awal.

Jam 7.30 pak security bukain pintu buat kita. Dia ambil absennya. Jadi nanti kalau baru datang absen di meja pak security. Begitu masuk, gue langsung minta formnya sama pak security, sambil nunggu dipanggil, sambil isi form. Abis itu pak security mulai manggil nama-nama yang ada di absen satu persatu. Pastikan kamu ada di sana pas nama kamu dipanggil ya. Kalau ngga nanti dicoret dan di skip. Pas nama kita dipanggil, kita serahkan semua copy berkas yang jadi persyaratan. Aku sempet salah masukin berkas, surat pelaporan yang aku lampirkan copy, harusnya asli. Untung bawa aslinya. Huuufh..

Kalau sudah lengkap, berkas kita akan dimasukan ke clear folder sama pak security. Abis itu duduk aja, tunggu nama kita dipanggil lagi untuk dapat nomor antrian.

Jam 8 kurang sedikit pak security pindah ke depan CSnya untuk bagi-bagi nomor antrian yang diambil dari mesin nomor di depan. Dia tetap bagi berdasarkan kedatangan kita kok. Ga usah takut ditikung orang lain.

Ini di belakang gue penuh banget lhoo..
Jam 8 teng mba-mba nya mulai manggil satu persatu nomor antrian. Tadi ada dua CSnya, jadi lebih cepat. Aku kebagian sama mba Nay (iye, namanya sama namaku). Pelayanannya cepat, ramah, dan pas aku tanya-tanya kenapa temenku ga bisa klaim padahal kita sama-sama keluar di tanggal yang sama tapi kartu dia belom non aktif, mba Nay jawab kemungkinan pas temenku ngurus, saat tanggal itu dia akunnya belom resmi non aktif. Jadi dicoba lagi aja. Lebih enak pakai e-klaim kata mba Nay. Nanti antriannya beda, lebih cepat.

Dan aku juga tanya kenapa kok aku ga dapet-dapet email tentang kelanjutan e-klaim. Mba Nay bilangnya maksimal masa tunggu verifikasi itu 1 minggu.

Ya pantesan aku tunggu 3 hari ga ada email juga. Maybe harusnya email yg kita dapat pas rwkam klaim berhasil di submit direvisi, bukan "paling lambat pukul 19.00 hari kerja berikutnya" tapi "paling lambat 7 hari dari tanggal submit e-klaim". Jadikan orang ga bertanya-tanya.

Proses pengajuan klaim sendiri berjalan less than 5 minutes. Cepet baaaangeeet. Jam 08.20 udah kelar semua urusan.
Pastikan semua berkas sudah benar dan lengkap, semua berkas asli dibawa. Dijamin cepet.

Oya menurut mba Nay, uang akan cair kurang lebih 15 hari kerja, dan paling lama sekitar 3 minggu *semoga sih kurang dari 15 hari ya*
Selesai proses klaim kita akan difoto buat bukti bahwa kita sudah mengajukan klaim.

Abis itu udah deh. Aku bisa melangkah pulang dengan santai dan lega. Tapi sebelum pulang nongkrong dulu di Starbucks Mayapada sambil bikin postingan ini ditemani se-cup Holiday Penettone Frappuccino yang endeeus banget. Ga salah rekomendasi mba Starbucks.

Sumpeh ini enak banget *bukan promosi, bneran enak*
Ini yang aku suka dari kantor BPJS Jakarta dibandingkan Bekasi. Kantornya nyatu sama gedung besar. Bisa nongkrong dan ngecengin para pegawai lucu.. hahaha

So, that's it. Semoga postinganku bermanfaat. Bisa jadi sumber informasi buat kalian yang sama-sama pejuang pencair BPJS.
Doakan semoga duit cepet cair yaa ga pake nunggu lama.
See you guys on my next post..

XO

7 comments:

  1. mba kanaya sy mau tnya ke mayapada manual itu uangnya cair harus nunggu 14hari kerja juga ya? bukanya langsung cair hari itu juga? cash gitu ato trf 7hri kerja sta dapat info dari securiti bpjs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, maaf baru balas comment-nya..
      Dari info yang saya dapat dari CS yang melayani saya pada saat klaim sih, baik pencairan berupa transfer maupun cash semua ada masa tunggunya yaitu 15 hari kerja. Kalau milihnya cash, diambil di bank yang ditunjuk. Kata mba nya sih gitu. Tapi sistemnya bagus kok, ga molor-molor, bilang 15 hari kerja ya beneran 15 hari, ga jadi 20 hari atau 1 bulan.

      Delete
  2. nanya dong, kalau syarat surat berhenti bekerja itu, cukup pakai yang dari hrd perusahaan atau yang harus ditembusin ke dinastenagakerja?

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus yg ditembusin ke dinas tenaga kerja. Nanti yang dilampirkannya yg asli

      Delete
  3. saya mau nanya,kan kalau di email dikasih tau paling lambat itu 7 hari untuk ke kantor bpjs nya. nah saya tadi tidak dapat nomor antrian dan diminta besok untuk datang lagi. apa walaupun telat masih bisa diurus?

    ReplyDelete
  4. Maaf mba saya udah eklaim dan dapat panggilan tgl 19 April tapi saya gak datang karena EKTP saya hilang. Jika EKTP saya sudah ada apa keterlambatan saya masih bisa di proses ? Karena pas saya datang ke kantor BPJS Bekasi saya di suruh eklaim ulang untuk atur jadwal lagi sedangkan pada saat eklaim lagi semua data sudah terverifikasi dan tidak bisa di rubah. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  5. Maaf mba saya udah eklaim dan dapat panggilan tgl 19 April tapi saya gak datang karena EKTP saya hilang. Jika EKTP saya sudah ada apa keterlambatan saya masih bisa di proses ? Karena pas saya datang ke kantor BPJS Bekasi saya di suruh eklaim ulang untuk atur jadwal lagi sedangkan pada saat eklaim lagi semua data sudah terverifikasi dan tidak bisa di rubah. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete